Buku Ajar Hukum Pidana

Buku ajar ini disusun untuk mempermudah mahasiswa, khususnya pada Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, dalam memahami dasar-dasar hukum pidana di Indonesia. Di samping itu, buku ajar ini juga dimaksudkan untuk menambah referensi yang membahas tentang hukum pidana pada tataran yang mendasar yang telah terbit sebelumnya.

Di dalam penyusunan buku ajar ini, penyusun banyak merujuk kepada buku-buku hukum pidana yang disusun oleh para ilmuwan hukum pidana. Walaupun di antaranya telah terbit beberapa puluh tahun lamanya, buku-buku yang dimaksud masih relevan untuk menjadi rujukan guna menjelaskan konsep-konsep dasar hukum pidana. Tentu, penyusun juga merujuk kepada referensi terbaru, baik dalam bentuk buku maupun artikel yang terbit pada jurnal ilmiah.

Sebelum masuk ke dalam topik pembahasan, bagian awal pada masing-masing bab di dalam buku ajar ini memuat informasi tentang sasaran pembelajaran, kemampuan mahasiswa yang menjadi prasyarat, keterkaitan bahan pembelajaran dengan pokok bahasan lainnya, manfaat bahan pembelajaran, dan petunjuk belajar mahasiswa. Informasi-informasi tersebut dimaksudkan agar perkuliahan pada mata kuliah “Hukum Pidana” yang menggunakan buku ajar ini dapat terencana dan terlaksana dengan baik.

Sementara itu, bagian akhir pada masing-masing bab di dalam buku ajar ini memuat kesimpulan, soal-soal latihan, umpan balik, dan daftar pustaka. Adanya soal-soal latihan tersebut merupakan upaya agar mahasiswa mendapatkan pemahaman dan pengalaman belajar tentang hukum pidana pada tataran yang mendasar.

Untuk membaca selengkapnya dan/atau mengunduhnya, silakan klik di sini.(*)

Posting Komentar

0 Komentar